splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

6 Teknik Dasar Menulis Webtext

Posted By dny on July 29th, 2010

WEB adalah medium yang berbeda dengan media cetak ataupun elektronik lain. Web berbeda dengan koran, majalah, radio, maupun televisi. Jadi kita perlu menulis atau mengedit dengan cara yang berbeda bila terkait dengan teks web.

Mengapa? Karakter mediumnya sendiri sudah berbeda. Layar komputer memiliki resolusi yang jauh lebih rendah daripada media cetak – sekitar 72 dot untuk setiap inchi persegi dibandingkan sekitar 150-300 dot pada koran dan majalah. Perbedaan ini mungkin akan semakin berkurang seiring dengan kemampuan kita menciptakan layar komputer beresolusi tinggi. Namun, sampai waktu itu tiba, kita harus menerima bahwa kecepatan membaca teks di layar komputer 25% lebih lamban daripada kecepatan membaca media cetak.

Singkatnya, kita hanya punya waktu lebih sedikit untuk bercerita kepada orang melalui media online ketimbang waktu yang kita miliki ketika menggunakan media cetak. Jadi kita harus mengembangkan kemampuan bercerita dengan singkat, padat, dan cepat. Bagaimana melakukannya?

Kecepatan membaca teks di layar komputer 25% lebih lamban daripada kecepatan membaca media cetak.

1Menulis singkat dan padat
Ada beberapa cara. Jalan paling pintas adalah menulis artikel sependek mungkin. Artikel yang singkat dan padat akan sangat membantu pembaca Anda karena membaca artikel panjang di layar komputer adalah pekerjaan berat. Artikel yang singkat dan padat akan membantu pembaca Anda untuk menemukan poin penting Anda tanpa harus menggulung layar monitor terlalu ke bawah.

2Batasi 300 kata
Untuk menuangkan poin penting ke dalam artikel singkat dan padat, Anda tidak boleh bertele-tele dan mengumbar detail yang tidak penting. Anda harus mampu mengerutkan gagasan sepanjang 1500 kata ke dalam artikel web sepanjang 300 kata. Atau, bila gagasan Anda terlalu padat untuk dikerutkan, buat saja potongan-potongan sepanjang 300 kata per bagian – masing-masing dengan fokus yang khusus. Jadi dari sebuah artikel 1500 kata Anda bisa memecahnya jadi lima artikel yang saling ditautkan. (Atau menggunakan tag “read more” atau “next page” di blog Anda).

320 kata per kalimat
Menulis singkat bukan berarti Anda tidak perlu mengupayakannya agar tetap menghibur. Artinya, Anda harus tetap membuat variasi yang menarik pada setiap kalimat agar artikel web Anda dapat mengikat perhatian pembaca. Namun, variasi apapun yang Anda buat, pastikan kalimat Anda tetap singkat sepanjang maksimal 20 kata.

4Satu pikiran utama untuk setiap paragraf
Tujuan dari menulis singkat – 20 kata per kalimat, 5 kalimat per paragraf – adalah untuk membantu pembaca Anda agar dapat dengan cepat menemukan poin penting Anda. Jadi sebelumnya Anda harus punya satu pikiran utama untuk setiap paragraph. Temukan pikiran utama untuk satu paragraf dan fokuslah di situ. Begitu Anda selesai mengutarakan pikiran utama dari satu paragraf, berhentilah dan pindahlah ke pikiran utama dan paragraf berikutnya.

5Gunakan bullet/pointer
Menurut Crawford Killian, penulis buku Writing for the Web, penggunaan bullet/pointer akan sangat membantu pembaca Anda untuk menangkap dengan cepat poin-poin kunci yang ingin Anda sampaikan. Contoh penggunaan bullet/pointer adalah pada artikel ini.

6Maksimalkan penggunaan link
Beberapa bagian dari gagasan Anda mungkin tidak perlu dijabarkan lagi. Daripada menghabiskan kata-kata untuk mengulang apa yang bisa Anda tautkan dari sumber luar, lebih baik gunakan link rujukan. Pilihan lain dalam penggunaan tautan ini adalah menulis artikel web sepanjang 300 kata dengan beberapa poin terpenting gagasan Anda dan membuat satu tautan yang mengarahkan pembaca agar mendapatkan selengkapnya dalam versi PDF untuk dibaca secara offline.

Sumber bacaan:
Jacob Nielsen, In Defense of Print.
Paul Bradshaw, Basic Principles of Online Journalism: B for Brevity.
Crawford Kilian, Writing for the Web, (4th edition), SelfCounsel Press, 2009.

Tags: , , ,

Similar Posts
Posted in Medium
Read more:
Ngebut dan Terbang di Singapura

AWAL September kemarin (1-3/9), saya, mewakili Fitness For Men, memenuhi undangan Singapore Tourism Board untuk berjalan-jalan di Singapura dalam kegiatan...

Close