splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Diving Gili Trawangan: Catatan Seorang Pemula

Posted By dny on February 14th, 2013

DUNIA TERUMBU
RASA SAKIT yang amat sangat lagi-lagi menyerang ketika saya kembali sampai di kedalaman 10 meter. Seperti tahu penderitaan saya, instruktur yang mendampingi kembali mengisyaratkan agar saya tidak kehilangan ketenangan – menginstruksikan agar saya mencoba melakukan equalizing. Percobaaan pertama gagal. Tapi rasa sakitnya sedikit berkurang. Dan pengalaman gagal pertama tadi membuat saya lebih bisa mengantisipasi serangan panik yang datang bergelombang. Instruktur meminta saya untuk mencoba lagi setelah mendapatkan isyarat “not oke” dari saya. Dan kali ini jauh lebih baik. Dan saya diijinkan untuk bergabung lagi dengan kelompok.
DIve0052
Lereng masih landai. Sampai akhirnya kami sampai di pinggir lanskap, di sisi kiri kami seakan ada jurang. Laut dalam. Beberapa gugusan terumbu karang sudah lebih sering kami temukan, sesekali diselingi dasar pasir. Sayangnya, gugusan terumbu karang yang indah baru bisa Anda temukan di kedalaman lebih dari 15 meter. Sampai di kedalaman 10 meter, terumbu karang yang ada relatif belum pulih dari kerusakan yang terjadi akibat aktivitas pemboman ikan pada satu dekade lalu.

Saya dengar di perairan ini banyak terlihat kura-kura. Bahkan, kura-kura bisa ditemukan walau hanya ber-snorkeling di sini. Namun, Anda masih harus mencari informasi ke orang-orang lokal mengenai tempat-tempat terbaik dimana banyak ditemui kura-kura. Kabarnya, di saat-saat tertentu – bila beruntung – Anda juga bisa bertemu dengan Manta dan Mola Mola atau Sunfish yang sangat jarang terlihat. Dan saya tidak seberuntung itu hari ini.

Tapi itu cerita lain lagi.

TENTANG LOMBOK DIVE
Dari belasan lokasi diving di gugusan gili, – sekitar 8 di antaranya di Gili Trawangan -, bisa kita datangi dengan menggunakan jasa puluhan operator diving di Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan maupun Senggigi. Namun, di antara puluhan operator diving yang ada di kawasan ini, hanya beberapa saja yang dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh orang lokal – salah satunya adalah Lombok Dive. Operator diving ini sudah mulai melayani wisatawan yang ingin menikmati aktivitas diving di berbagai level di kawasan gili-gili ini sejak tujuh tahun lalu. Para instrukturnya sudah berserfitikasi dari PADI. Salah satu intrusktur di sana malah memiliki pengalaman menyelam 25 tahun. Alamat: Lombok Dive, Jl. Raya Senggigi KM 12, 83355, Senggigi, Lombok. Website: http://www.lombok-dive.com. Telp.: 0370-692003.

Tags: ,

Similar Posts
Posted in Traveling, Writings
Read more:
Cari Kerja Lewat Linkedin

BELUM lama ini Linkedin, situs networking para profesional, mencapai angka 1 juta untuk jumlah anggotanya di Indonesia. Capaian tersebut diraih...

Close