splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Menghitung “Dosa” Sosial: 3 Derajat Pengaruh, 6 Derajat Keterpisahan

Posted By dny on August 30th, 2010


GRAFIK di atas adalah infografik yang menggambarkan bagaimana social media kini memiliki efek demikian besar sehingga pelan-pelan mulai mengubah cara orang mengakses dan menyebarkan informasi. Gambaran efeknya demikian menggiurkan sampai-sampai para bintang pop, produk, dan terakhir para politikus dan birokrat berlomba-lomba terjun bebas ke dalam medium baru ini dengan kegagapan tingkat tinggi.

Efek social media yang begitu besar juga semakin menegaskan apa yang pernah ditandaskan oleh Andy Warhol – in the future, everybody can be famous in 15 minutes. Dan masa depan itu adalah sekarang. Contoh paling baru yang membuktikan adagium dari Warhol tersebut juga sudah menjadi kenyataan di negeri kita adalah Shinta dan Jojo beserta video lipsyncKeong Racun“nya yang sudah dilihat hampir 4 juta kali.

Efek luarbiasa dari social media bisa dihitung secara matematis dengan teori “6 derajat keterpisahan” dan “tiga derajat pengaruh”. Menurut teori “6 derajat keterpisahan”, yang pertama dirumuskan oleh Stanley Milgram pada tahun 1967 ini, setiap manusia modern dapat terhubung dengan seseorang tidak dikenal di suatu tempat entah di mana dengan keterpisahan sebesar 6 derajat. (Namun, sebuah studi terbaru mengatakan bahwa derajat keterpisahan tersebut sebenarnya hanya tiga. Kenapa? Karena kita hanya menjadi bagian dari tiga jaringan hubungan – keluarga, pertemanan, dan lingkungan kerja.)

…berbagai masalah sosial di sekitar kita – korupsi, FPI, lumpur lapindo, intoleransi, wakil rakyat…..(sebutkan sendiri) – adalah dosa kita juga. Karena kita diam saja dan membiarkannya terus berlangsung.

Meskipun kita dapat terhubungkan dengan orang lain sampai sejauh enam derajat di lingkaran luar diri kita, bukan berarti pengaruh kita juga sebegitu luasnya. Menurut teori “tiga derajat pengaruh“, yang dirumuskan oleh Nicholas Christakis (Harvard University) dan James Fowler (University of California), pengaruh Anda terhadap orang lain hanya melintas sampai tiga lingkaran di luar diri Anda, lalu melemah dan hilang. Gampangnya, Anda punya pengaruh pada diri teman Anda, teman dari teman Anda, dan teman dari temannya teman Anda. Dasar kedua teori ini sebenarnya sama – setiap aksi individu menyebar secara sosial melalui jaringan hubungan sosial.

Kelihatannya sepele. Coba pikirkan lagi. Bila teori “3 derajat pengaruh” itu benar maka, menurut saya, artinya bisa lebih penting dari teori “6 derajat keterpisahan”. Tepatnya bukan lebih penting, tapi teori “3 derajat pengaruh” tersebut membawa pemahaman baru tentang bagaimana keterkaitan sosial yang dijelaskan oleh teori “6 derajat keterpisahan” bisa berefek besar di luar dugaan. Apalagi bila penyebarannya ditopang oleh medium baru berkecepatan tinggi seperti social media.

Teori “3 derajat pengaruh” bisa menjadi tuduhan kepada Anda ketika ada teman yang mengalami obesitas atau stres atau kesepian lalu bunuh diri, kemungkinan Anda punya pengaruh (baca: dosa) terhadap apapun malapetaka yang dialami oleh teman atau, bahkan, teman dari temannya teman Anda. Sisi positifnya, teori tersebut menggugat kita untuk lebih altruis.

Dilihat dari situ, berbagai masalah sosial di sekitar kita – korupsi, FPI, lumpur lapindo, intoleransi, wakil rakyat…..(sebutkan sendiri) – adalah dosa kita juga. Karena kita diam saja dan membiarkannya terus berlangsung.

Tags: , ,

Similar Posts
Posted in Personal Journal
  • hohoho..siapa yg bikin infografisnya tuh. Ribet bgt kayaknya :)) Nice post, Den!

  • hehehe…thanks, eyi. itu dari socialreflexion.com, yi. ngga tau siapa tuh artistnya.

Read more:
Tanda Tanya

Ini adalah masalah yang tidak akan pernah Anda ketahui akhirnya sebelum Anda sampai ke sana. ADA suatu waktu ketika hubungan...

Close