splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Menuju Konvergensi Ruang Berita

Posted By dny on July 19th, 2011

Kenapa upaya konvergensi gagal dan bagaimana membuatnya berhasil.

BANYAK contoh upaya penyatuan ruang berita yang sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan media di dunia terkait dengan perkembangan teknologi internet yang mengubah peta konsumsi media secara radikal. Sebagian besar resep penyatuan ruang berita ini masih tersembunyi, atau sengaja disembunyikan, sebagai strategi penting yang menentukan mati-hidupnya media dan ruang berita bersangkutan. Sebagian lagi sudah terbuka dan bisa diakses untuk dipelajari lebih lanjut, dimodifikasi, dan dijalankan sesuai dengan kondisi subyektif dan obyektif dari media dan ruang berita tertentu.

Namun, secara garis besar, ditinjau dari model konten yang dikeluarkan dan didistribusikan serta alur kerja produksi konten, saya mencoba menjelaskan dengan mengambil contoh dari dua model utama: model Beijing Youth Daily dan model Nordjyske. Memecah konten (memodifikasi kontent untuk cetak sehingga memenuhi standard teks yang baik untuk diakses lewat media online) dari edisi cetak dan mendistribusikannya ke media online adalah model Beijing Youth Daily. Sedangkan ruang berita Nordjyske mengembangkan alur kerja dan produksi konten yang bertujuan memenuhi standard untuk dapat didistribusikan lewat berbagai platform media (multiplatform). Ini artinya setiap orang yang bekerja di ruang berita Nordjyske dapat memproduksi satu konten dalam beberapa bentuk yang disesuaikan dengan platform media apa saja yang dipilih sebagai saluran distribusi konten (didistribusikan lewat multiplatform).

Model Nordjyske adalah yang pertama saya presentasikan ketika saya memulai tugas saya sebagai online managing editor di perusahaan tempat saya bekerja. Model ini sudah saya pelajari empat tahun sebelumnya, sejak masih memimpin pengelolaan produksi konten untuk empat surat kabar hyper-local berbasis komunitas yang terbit di empat kawasan urban Jakarta. Model ini memang lebih radikal dan kompleks jadi tidak heran bila penolakan keras langsung saya terima ketika mempresentasikannya pertama kali. Alasannya bisa dilihat di sini. Singkatnya, model ini masih terlalu subversif untuk seluruh lapis piramida ruang berita di tempat saya – baik bagi segenap lapis piramida ruang produksi konten maupun managemen perusahaan.

Itu sekitar 2 tahun lalu. Bagaimana sekarang? Ketika saya memulai pekerjaan yang sepenuhnya terkait dengan upaya konvergensi ruang berita ini, model yang paling dipilih – sebagai kompromi dari seluruh lapis piramida ruang berita dan managemen perusahaan – adalah model Beijing Youth Daily. Dan model ini masih terus diterapkan sebagai arus utama model konvergensi ruang berita.

Tags: , ,

Similar Posts
Read more:
Janji-janji Promosi: Kealpaan atau Kesengajaan?

POSTER Promo Surfer Girl di La Piazza. Diskon sampai 80% menyambut liburan sekolah. Entah kealpaan atau kesengajaan. Scool Holiday?Lepas dari...

Close