splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Tweetbook: Menulis Buku Dari Twitter

Posted By dny on December 30th, 2010

SETELAH beberapa kali catatan yang berisi kumpulan web-tools yang sering saya gunakan hilang akhirnya saya memutuskan untuk mulai mendokumentasikannya di blog ini. Semoga dengan begini saya tidak perlu lagi kalang-kabut setiap kali ada permintaan dari orang-orang di lingkungan kerja saya. Sungguh tidak menyenangkan ketika harus mengulang lagi proses pencarian suatu tools online yang bisa mempermudah selesainya pekerjaan hanya karena saya lupa nama tools tersebut.

Selain alat-alat untuk mengukur performa web dan akun media sosial, yang paling sering saya gunakan adalah alat-alat online yang menunjang pendokumentasian dan pencatatan data. Itu karena saya termasuk agak malas untuk mencatat di buku catatan. Percuma. Seringkali saya menghilangkan buku tersebut atau – kalaupun tidak hilang – pencatatan saya biasanya berantakan dan sulit ditelusuri. Biasanya saya menggunakan banyak alat untuk mendokumentasikan catatan dan pengetahuan yang saya temukan di internet – mulai dari blog (blogspot, tumblr, posterous), mikro blog (twitter), sampai situs bookmarking (delicious, google bookmarks). Tapi itu semua tidak cukup memuaskan karena saya tetap saja sering kesulitan untuk menelusuri lagi satu-persatu semua tautan yang saya simpan secara online. Jadi saya putuskan untuk menuliskan lagi satu demi satu alat-alat yang penting bagi saya di sini.

Alat pertama yang ingin saya dokumentasikan di blog ini – setelah paper.li yang sudah saya tulis sebelumnya – adalah tweetbook.

Dengan bantuan tweetbook, kita bisa membuat e-book (dalam bentuk pdf) dari tweet-tweet terakhir yang kita buat di twitter. Selain itu, e-book tersebut juga bisa dibuat dari tweet-tweet berisi tautan yang kita favoritkan di twitter. (Ya, saya sering sekali menemukan tautan-tautan menarik di twitter dan kemudian memfavoritkannya – menjadi twitter sebagai salah satu alat penyimpanan informasi).

Mungkin suatu waktu nanti saya akan menerbitkan sebuah buku dengan menggunakan twitter dan tweetbook.

Sebagai seorang jurnalis, mungkin Anda menggunakan twitter sebagai alat bantu melakukan catatan singkat dan cepat ketika meliput berita atau sebuah event. Alat ini dapat sangat membantu ketika kita akan mengumpulkan kembali kumpulan teks 140 karakter dari hasil peliputan kita. Dengan begitu sebagian pekerjaan menulis laporan sudah dilakukan bahkan sebelum kita sampai di kantor. Selanjutnya kita hanya perlu melakukan sedikit sentuhan sehingga kumpulan tweet liputan tersebut menjadi satu cerita yang utuh.

Potensi lain dari tweetbook -selain sebagai alat penyimpanan data untuk kepentingan pribadi- kita bisa menggunakannya untuk membuat buku dari kumpulan tweet yang kita buat. Sebenarnya ini justru merupakan fungsi utama dari tweetbook, sesuai namanya. Namun, berhubung saya belum menggunakan twitter dengan cukup baik sehingga menghasilkan kumpulan tweet yang bisa disatukan menjadi sebuah teks besar, saya baru menggunakannya sebagai alat dokumentasi pribadi. Mungkin suatu waktu nanti saya akan menerbitkan sebuah buku dengan menggunakan twitter dan tweetbook.

Tags: ,

Similar Posts
Read more:
Menuju Konvergensi Ruang Berita

Kenapa upaya konvergensi gagal dan bagaimana membuatnya berhasil. BANYAK contoh upaya penyatuan ruang berita yang sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan...

Close