splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Paper.li – Membuat Koran Dengan Twitter

Posted By dny on September 24th, 2010

SEBELUMNYA saya sangat mengandalkan Google Reader untuk menghemat waktu dalam menemukan berita-berita baru di internet mengenai segala macam hal yang menarik perhatian saya. Meskipun memberikan banyak kemudahan, – saya hanya perlu mengumpulkan RSS Feed kanal-kanal berita yang menjadi favorit saya dan mengumpankannya ke Google Reader -, namun tampilannya yang sangat linear membuat saya bosan dan melewatkan banyak hal yang seharusnya saya baca.

Lalu saya menemukan Feedly dan menemukan bahwa RSS Feed yang saya kumpulkan di Google Reader saya dapat diteruskan lagi ke Feedly untuk mendapatkan tampilan yang lebih menyenangkan. Feedly menarik dan mengorganisasikan konten dari situs-situs favorit kita ke dalam sebuah halaman web dengan tata-letak seperti majalah. Jadi layanan web ini memberikan pengalaman yang lebih menarik daripada Google Reader. Feedly menarik konten dari situs-situs favorit kita berdasarkan RSS Feed yang telah kita umpankan ke Google Reader. Tidak hanya dapat menarik konten dari RSS Feed yang kita umpankan terlebih dulu ke Google Reader, Feedly juga dapat menarik konten dari timeline akun twitter kita.

Namun, bagi saya, kenikmatan mengonsumsi berita dengan cara mudah semakin tinggi setelah menggunakan paper.li. Tidak seperti Google Reader dan Feedly yang bisa digunakan untuk menarik konten dari sembarang RSS Feed, paper.li bekerja berdasarkan sumber-sumber yang kita kumpulkan terlebih dulu melalui akun twitter kita. Cara termudah adalah dengan membuat list akun-akun twitter yang menarik dan sering memberikan informasi terbaru yang kita minati. Saya, contohnya, menggunakan layanan paper.li untuk mengumpulkan berita-berita yang dipublikasikan oleh koran-koran lokal dan nasional melalui akun twitter mereka. Setelah mengumpulkan akun-akun twitter dari berbagai koran tersebut dan mengorganisasikannya dalam satu list, lalu saya mengumpankan list tersebut ke paper.li. Dan paper.li secara otomatis menyusun twit dari akun-akun yang berada dalam list saya tersebut ke dalam tata-letak seperti koran – persis seperti taglinenya: read twitter as a daily newspaper.

Dengan cara begitu, saya tidak perlu pusing dengan timeline twitter saya yang menjadi terlalu berisik karena berbagai update dari koran-koran tersebut. Saya tidak perlu follow detik.com atau kompasdotcom atau metro_tv, cukup memasukkan akun-akun dari media tersebut ke dalam satu list, mengumpankannya ke paper.li, dan menikmati timeline yang tidak kebanjiran informasi.

Sementara menunggu saya punya iPad dan bisa menikmati Flipboard, paper.li cukuplah untuk menikmati twitter dan berbagai macam berita secara lebih menyenangkan.

Tags: , , , , , ,

Similar Posts
Posted in Medium
  • yunita

    salam kenal,

    saya blm paham cara membuat akun di paper.li ini,
    bgm caranya mengatur agar akun twitter tertentu saja yg dimasukkan dlm paper.li

    thx atas jwbnya

  • Halo, bu. Salam kenal juga. Terimakasih sudah mampir dan kasih comment di blog saya ini.

    Cara paling mudah untuk mengatur agar akun twitter tertentu saja yang dimasukkan ke dalam paper.li adalah dengan cara menyusun “list” dulu di akun twitter ibu. Lalu “list” yang berisi akun-akun twitter pilihan ibu tersebut yang dimasukkan ke dalam paper.li.

    Semoga membantu.

  • jalu

    terimakasih artikelnya pak,sangat bermanfaat. Tapi, cara menyusun ‘list’ dalam paper.li bagaimana?letak ‘list’ tersebut diamana? mohon informasinya, kalau ada tutorial untuk membuatnya. terimakasih

  • Halo, pak Jalu. Terimakasih buat responnya. Maaf belum sempat bikin tutorialnya nih. Tapi mudah kok.
    Untuk menyusun list dilakukan di akun twitter kita terlebih dulu.
    Setelah disusun, baru dimasukkan ke dalam paper.li.
    Caranya dengan “sign in” dulu di paper.li menggunakan akun twitter kita. Lalu masuk ke “create a newspaper” – linknya di kanan atas paper.li Anda. Nanti di laman yang terbuka akan ada pilihan untuk membuat koran berdasarkan user name, hashtag, atau list. Kita tinggal memilih salah satu dan memasukkan infonya ke kotak yang tersedia. Misalnya kita pilih membuat koran berdasar twitter list, maka kita tinggal memasukkan “user-name/list” (ini list yang sudah kita buat di akun twitter kita sebelumnya) ke dalam kotak yang tersedia.
    Semoga membantu.

  • saya jadi ikutan, terimakasih infonya mas 🙂

  • Senang infonya bisa membantu 🙂

Read more:
Cinta Hitam Putih

Ini masalah sederhana – situasi hitam dan putih. Anda hanya perlu menentukan tempat Anda berdiri. MALAM, 20:00, di acara launching...

Close