splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Tarun Tahiliani: Gagasan Memadukan Batik dengan Identitas India

Posted By dennyhariandja on June 9th, 2009

BILA tekstil dan fashion India menjadi lebih dikenal oleh dunia internasional, Tarun Tahiliani adalah salah satu desainer terkemuka India yang berjasa dalam hal itu.

Dengan bakatnya, Tarun Tahiliani telah mengubah tekstil dan teknik fashion India ke dalam bentuk dan struktur yang lebih modern dan inovatif sehingga melahirkan karya fashion yang lebih kontemporer. Desain fashion Tarun dikenal memiliki ciri high fashion dan memiliki sensibilitas murni yang tanpa cela, dengan gaya, keahlian, kualitas dan kehalusan yang prima.

Desainer terkemuka India yang pada tahun 80-an pernah bekerja di perusahaan keluarganya ini, -menjual peralatan pengeboran minyak -, mencipta kreasi originalnya dari perenungan tentang situasi India pascakolonial, kebangkitan kembali sosialisme dan sebuah identitas baru….definisi baru menjadi seorang India.

Pencarian identitas tersebut membawa Tarun pada titik awal penyelidikan ke dalam dirinya sendiri, ke dalam akarnya dan lahir kembali dengan identitas baru yang lebur jadi satu. Itu adalah waktu lahirnya Ensemble – gagasan yang menjadi pendorongnya untuk bertindak sebagai katalisator bagi desainer fashion di luar India.

Ensemble merupakan toko multimerek pertama yang mendorong retail ke standard internasional. Gagasan tersebut mendesak perancang fashion India untuk tidak mengkhawatirkan apa yang dituntut oleh label-label asing dan juga mendesak mereka untuk mulai menempa entitas desain non-India. Setelah menelurkan gagasan tersebut, Tarun kembali belajar di Fashion Institute of Technology, New York. Kembali ke India, pada tahun 1995, Tarun mendirikan studio di New Delhi, kota yang menurut Tarun adalah pusat fashion India.

Desainer terkemuka India ini mencipta kreasi originalnya dari perenungan tentang situasi India pascakolonial, kebangkitan kembali sosialisme dan sebuah identitas baru….definisi baru menjadi seorang India.

Rancangan fashion desainer yang pernah belajar bisnis di di Wharton School of Business, University of Pennsylvania, ini adalah konsep yang melibatkan lingkaran kegembiraan yang dimotivasi oleh kecintaannya pada desain, pada segala sesuatu yang indah. Rancangannya menonjolkan pada unsur elegan, paduan warna yang mapan, dan berkelas.

Di sela-sela kunjungan ke Cita Tenun Indonesia, Allure, Alun-Alun Grand Indonesia (1-2 Juni 2009), Tarun mempertegas pilihan untuk mencipta karya-karya fashion yang elegan dan berkelas dengan menjatuhkan pilihan pada kain tenun dan batik dengan warna-warna yang tajam dan menonjolkan kemapanan bagi orang yang mengenakannya. Tinggal kita menunggu bagaimana corak batik dan kain tenun Indonesia berpadu dengan identitas India di tangan Tarun. Pastinya sesuatu yang memang layak ditunggu.

Tags: , , , , , , , , , ,

Similar Posts
Posted in Personal Journal
Read more:
Malam Jahanam

Perkara Anda melakukan seks aman, lebih aman, atau tidak aman, itu urusan Anda. SOSOK tubuh berbalut lingerie merah tergolek dalam...

Close