splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Traveling Thailand: Phi Phi Island

Posted By dny on December 4th, 2011

BERBEDA dengan kemarin, hari ini hujan cukup lebat di Karon Beach. Hari masih dini, pukul 08.00. Saya agak khawatir juga dengan cuaca yang kurang bersahabat ini. Mobil yang menjemput kami juga belum kelihatan. Semoga tidak menjadi hari yang buruk.

Di lantai bawah, sambil menunggu jemputan datang dan berdoa supaya hujan segera reda, ngobrol-ngobrol dengan seorang turis dari Spanyol yang menunggu mobil jemputan juga. Ia mau pergi diving – entah di mana. Sempat heran juga kenapa turis dari kawasan yang sedang dilanda krisis ekonomi berat masih bisa bepergian seperti ini. Tapi mungkin ini sudah direncanakannya sejak lama – sebelum krisis melanda Eropah. Dari obrolan kami, saya tahu bahwa ia belum pernah ke Raja Ampat. Sering dengar, katanya, dan sudah dimasukkan ke dalam daftar tempat yang akan ia datangi di masa depan. Soalnya, biaya transportasi ke Raja Ampat sangat mahal, katanya lagi.

Tidak lama berselang, mobil yang menjemput turis dari Spanyol itu datang. Disusul oleh mobil yang menjemput saya beberapa menit kemudian. Akhirnya.

Hujan belum juga reda ketika kami berangkat membelah Phuket ke dermaga tempat kapal yang akan membawa kami ke Phi Phi Island bersandar. Butuh waktu sekitar 30 menit dari kawasan Karon ke dermaga tersebut. Dan, syukurlah, hujan berhenti begitu kami tiba di dermaga. Tinggal gerimis kecil. Tapi mendung masih tebal, dan matahari tidak juga kelihatan.

Pukul 09.00 kapal kami berangkat. Langit masih terus mendung. Sesekali hujan turun rintik-rintik, namun dikalahkan oleh butiran-butiran air laut yang memercik ketika badan kapal terangkat lalu menghantam permukaan laut. Meskipun cuaca tidak terlalu bagus, gelombang tidak besar.

Kapal langsung menuju Phi Phi Ley. Dan ketika mulai memasuki perairan Phi Phi Ley, kami disambut oleh sebuah celah yang begitu dilalui menyajikan pemandangan Maya Bay yang menakjubkan. Garis pantainya berpasir putih dan seperti dipagari oleh tebing-tebing batu kapur yang menjulang vertikal. Air lautnya sangat jernih. Berenang tentunya acara wajib di sini.

maya beach
Kami hanya berhenti sekitar dua jam di Maya Bay. Menurut saya, tempat ini jauh lebih indah daripada James Bond Island.

Dari Maya Beach, perjalanan dilanjutkan menuju ke Phi Phi Don. Tapi sebelumnya sempat mampir dulu sebentar lihat-lihat Viking Cafe, lalu ke sebuah pulau kecil yang berisi monyet-monyet yang bandel-bandel – malah ada yang minum bir. Bagi wisatawan dari Indonesia tentu ini bukan pertunjukan wisata yang luarbiasa. Tapi yah begitu deh. (Di negara-negara tetangga kita ini, seperti Thailand dan Malaysia, banyak sekali hal-hal yang di negeri kita sangat biasa bisa “dijual” menjadi produk wisata yang luarbiasa. Pertanyaannya, kenapa di negara kita tidak?)

viking cave

Dari Monkey Island, sebelum sampai di Phi Phi Don, kapal yang membawa kami membuang sauh di tengah perairan yang tidak terlalu dalam dan banyak terumbu karangnya. Di sini acaranya adalah snorkelling. Di sinilah gunanya membeli roti makanan ikan di dermaga tadi sebelum berangkat – harganya cuma 30 Baht. Roti itu gunanya untuk memancing ikan-ikan supaya datang dan berenang di sekitar kita, jadi tidak perlu repot-repot kita berenang mengejar-ngejar ikan.

Setelah satu jam bermain-main di laut, selesai tidak selesai – puas tidak puas, kami dipaksa naik lagi ke kapal untuk berangkat ke Phi Phi Don. Acaranya makan siang. Phi Phi Don itu di Indonesia padanannya yah Gili Trawangan. Jadi yah tidak ada yang luar biasa di sini kecuali pemandangan pantai dan tebing-tebingnya yamg tidak dimiliki Gili Trawangan.

phi phi don

Dari Phi Phi Don, menuju perhentian terakhir sebelum kembali ke Phuket – Koh Mai Pai. Di sini acaranya berenang dan snorkelling.

Meskipun mendung sepanjang hari ternyata perjalanan hari ini cukup menyenangkan. Tentu akan lebih asyik lagi bila matahari bersinar penuh. Mungkin di tahun depan…

Tags: , , , , ,

Similar Posts
Read more:
Fashion Show di Kediaman Duta Besar India untuk Indonesia

SELASA malam kemarin (2 Juni 2009), di kediaman Duta Besar India Biren Nanda, berlangsung sebuah pesta kecil yang diadakan untuk...

Close