splash
Selamat Datang!
Ini adalah blog pribadi Denny Hariandja. Isi blog ini sepenuhnya merupakan pandangan dan tanggungjawab saya pribadi.
Posted By dny on August 2nd, 2010

http://dennyhariandja.com/masa-kecil-tanjung-priok-1984/

NAMAKU Martinus Dante. Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah kelompok penerbitan media gaya hidup. Aku adalah salah seorang yang ikut menentukan pakaian apa yang harus Anda kenakan besok, kemana Anda harus berlibur tahun depan, siapa yang harus Anda kencani, instruksi apa yang harus Anda berikan kepada penata rambut Anda, gadget apa yang harus […]

 

Zen di Kantor

Posted By dny on December 31st, 2014

APA yang Anda lakukan ketika pekerjaan atau kehidupan pribadi Anda menjadi sumber stres yang konstan – menggempur Anda dengan berbagai kesibukan, ketergesaan dan membuat hidup yang pendek jadi semakin pendek? Atau hidup Anda sebenarnya aman-aman saja dan relatif bebas dari stres, tapi kemudian sesuatu tiba-tiba muncul dan menempatkan Anda di situasi kaos dan penuh tekanan. Apa yang akan Anda lakukan?

“When I let go of what I am, I become what I might be.” ~Lao Tzu

Saya punya tenggat pekerjaan. Anda juga. Siapa sih yang tidak? Jadi, siapa pula yang benar-benar bebas stres? Coba perhatikan wajah-wajah yang tertunduk lusuh di samping Anda. Apa sebenarnya sumber stres yang membuat Anda menderita seperti itu? Apakah tenggat pekerjaan yang Anda geluti? Kalau itu masalahnya, jawabannya mudah: ganti pekerjaan.

Sumber stres, saya kira, bukan pekerjaan dan tenggatnya. Pekerjaan itu cuma serangkaian aktivitas dan kesibukan. Sedangkan tenggat hanya soal rentang waktu. Itu hal yang sangat sepele. Yang membuat semuanya jadi rumit adalah reaksi kita terhadap pekerjaan dan tenggat yang penuh tuntutan itu – khawatir kita tidak bisa menyelesaikannya tepat waktu, takut hasilnya berantakan, itu akan membuat kita terlihat tolol dan tidak kompeten. Ketakutan dan kekhawatiran yang menjadi sumber stres itu berakar pada harapan kita atas hasil akhir….tugas selesai tepat waktu dan semuanya kelar dengan baik dan sempurna. Itu adalah harapan-harapan (dan bisa dibaca juga kekhawatiran dan ketakutan) semuanya berjalan (atau tidak berjalan) dengan ideal.

Bagaimana jika kita bisa melepaskan semua pikiran itu? Mungkin kita akan jadi lebih berani, nothing to lose, dan malah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Tapi bisa juga sebaliknya, kita memang jadi lebih berani, tapi akhirnya tetap gagal. Kita tidak akan pernah punya kendali sepenuhnya terhadap hasil akhir. Tapi, hal paling positif dari melepaskan kekhawatiran dan ketakutan itu, kita akan bekerja dengan mental petarung yang tidak diperhitungkan.

Bagaimana Mengalir dengan Tenang?
Jadi, inilah langkah bebas stres dari seorang yang tidak diperhitungkan:
1. Tandai kenapa Anda stres. Kondisi eksternal apa yang menekan diri Anda? Mengapa kondisi eksternal itu membuat Anda stres? Apa yang Anda takutkan?
2. Kenali harapan-harapan Anda. Jika respon Anda berbentuk rasa takut, itu karena Anda punya harapan, idealisasi – Anda ingin semuanya berakhir sesuai dengan harapan. Atau, itu mungkin juga terkait dengan keinginan Anda untuk mengendalikan segalanya. Artinya, semua yang tidak bisa Anda kendalikan pasti akan membuat Anda stres.
3. Tanamkan dalam diri Anda: Itu adalah fiksi, tidak nyata. Harapan-harapan tersebut, hal yang Anda harapkan berada di bawah kendali Anda…..semuanya ada di dalam kepala. Ya, kita semua sering berpegang pada idealisasi yang sama. Tapi, ingatlah, bahwa itu hanya ada di dalam pikiran Anda dan kita bisa melepaskannya.
4. Sadarlah bahwa itu menyakiti Anda. Hal-hal yang menjadi sumber stres, membuat Anda tertekan, ada di dalam kepala Anda sendiri. Itu akan membuat Anda tidak bisa menikmati hidup yang singkat ini. Sadari itu.
5. Mengalirlah dengan santai. Jika kekhawatiran dan ketakutan menyakiti Anda, – dan pasti akan menggagalkan Anda juga pada akhirnya -, kenapa membiarkan setan-setan di kepala Anda itu berkuasa? Dengan melepaskan semua kekhawatiran dan ketakutan, Anda akan bebas dari rasa sakit…. yang ada hanya Anda dan pekerjaan yang harus dilakukan. Itu saja.

Similar Posts
Posted in Personal Journal
Read more:
Malini Ramani: Menyisipkan Energi Baru Pada Batik

MALINI RAMANI adalah seorang desainer pemberontak yang tidak kenal menyerah. Karya-karya desainnya mencerminkan pendirian dan keyakinan yang kuat – mengikuti...

Close