Bersepeda Lintas Alam Kintamani-Klungkung

Siap downhill
Bersepeda lintas alam di jalur yang menurun itu menyenangkan. Tanpa harus lelah mengayuh, kita bisa meluncur dengan kecepatan yang membuat angin seperti terbelah. Tapi, etape pertama kami belum seberapa. Wayan dengan cerdik, sepertinya, telah merancang rute tur ini sehingga bagian pertama perjalanan (sampai tempat perhentian pertama) seperti bagian pemanasan. Di bagian tengah, barulah tantangan yang sebenarnya.

Jalanan yang kami lalu lebih bumpy, memaksa kami untuk berulangkali mengangkat pantat kalau tidak mau lebam dihajar sadel. Pun menurun, tidak lagi landai, cukup curam sehingga sepeda mampu melaju kencang meskipun tidak dikayuh – saya perkirakan bisa mencapai sekitar 35km/jam bila tidak terlalu sering menggunakan rem. Bagi mereka yang tidak terbiasa, laju sepeda yang cukup kencang di jalan yang menurun curam dan tidak mulus ini tentu saja cukup menggetarkan nyali. Untunglah, lagi-lagi, Wayan dengan cerdik merancang rute tur-nya sedemikian rupa sehingga para peserta tur lebih dulu dibiasakan dengan kecepatan dan turunan secara bertahap.

Sedang asyik-asyiknya melaju kencang menikmati kecepatan yang disajikan oleh turunan cukup curam ini, tiba-tiba jalan tanah berbelok sedikit tajam ke kiri, dan mendadak langsung menyajikan tanjakan sepanjang (sekitar) 150m dengan tingkat kemiringan 40 derajat. Inilah tantangan berikutnya. Untunglah saya sudah cukup sering bersepeda lintas alam sehingga bisa dengan cepat mengatur gir ke posisi rendah dan mulai melahap tanjakan tersebut – meski dengan sedikit tertatih-tatih. Mendekati puncak tanjakan saya harus mengangkat pantat untuk menambah tenaga pada kayuhan. Wus….wus…wus. Berhasil. Di atas saya berhenti dan menengok ke belakang. Saya lihat di bawah sana istri saya mendorong sepeda.

“Bagaimana?” tanya saya ketika dia sampai di atas.
“Asyik!” katanya dengan napas tersengal dan wajah memerah.
Syukurlah, pikir saya. Berarti dia akan siap dengan tantangan berikutnya.

2 thoughts on “Bersepeda Lintas Alam Kintamani-Klungkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *