Meminjam Artikel Dari Guardian

DARI sebuah sumber di twitter, yang saya lupa link-nya, saya pernah membaca pernyataan bahwa masa depan media cetak bukan lagi pada website dengan model bisnis paywall, micro-payment, ataupun metered model. Bukan pula pada distribusi konten lewat social media. Menurut sumber tersebut, masa depan media cetak adalah pada aplikasi. Saya mengartikan aplikasi di sini sebagai aplikasi untuk berbagai macam platform – bisa aplikasi untuk mobile (iPhone, Blackberry, ataupun Android), bisa juga aplikasi untuk platform pendukung website (seperti plugin dan widget untuk WordPress, Blogger), maupun platform blog lainnya.

Kebetulan juga saat ini saya sedang terlibat dalam sebuah proyek di kantor saya yang terkait dengan aplikasi dalam pengertian yang kedua. Dan ketika mencari referensi pembanding terkait dengan proyek ini, dengan pencarian lewat Google tentunya, saya menemukan bahwa The Guardian – media terkemuka di Inggris – baru saja mempublikasikan sebuah plugin untuk blog dengan platform WordPress. Plugin tersebut – The Guardian News Feed – memberikan akses kepada para pemilik blog dengan platform WordPress untuk mengambil dan mempublikasikan konten dari The Guardian di blog mereka. Tentunya, konten itu gratis – namun dengan beberapa ketentuan:
1). pemilik blog harus mendaftar untuk mendapatkan semacam kunci akses terhadap konten dari The Guardian,

Dengan plugin yang merupakan bagian dari proyek (yang nampaknya) besar bernama The Guardian Open Platform ini, The Guardian telah membuka kanal distribusi baru di luar website mereka. Ini menempatkan jutaan blog di luar sana sebagai saluran potensial untuk distribusi konten The Guardian secara massif.

2). teks, link, dan image dalam konten yang diambil tidak boleh diubah,
3). konten dari The Guardian sudah mengandung iklan dan kode pelacak yang tidak boleh dihapus (namun, menurut The Guardian dalam blog mereka, blogger tetap dapat memasang iklan mereka sendiri di bagian lain artikel tersebut),
4). setiap saat konten bisa dihapus oleh The Guardian (meskipun jarang terjadi, menurut blog The Guardian).

Dengan plugin yang merupakan bagian dari proyek (yang nampaknya) besar bernama The Guardian Open Platformini, The Guardian telah membuka kanal distribusi baru di luar website mereka. Ini menempatkan jutaan blog di luar sana sebagai saluran potensial untuk distribusi konten The Guardian secara massif. Dan The Guardian akan tetap mendapatkan penghasilan dari konten yang mereka sebarkan secara gratis tersebut. Sedangkan para blogger, mendapatkan keuntungan berupa pinjaman konten gratis dan kemungkinan mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *